Langkah Langkah pembuatan desain simulator kapal ruang ABK
Untuk
pembuatan desain Simulator ruang ABK Kapal membutuh kan Soft ware Sketch
UP,dengan computer/laptop ber spesifikasi minimal :
• 1 GHz
processor.
• 2 GB RAM.
• 500MB ruang kosong
• 3D kartu grafis dengan 512 MB memori atau lebih tinggi
• 2 GB RAM.
• 500MB ruang kosong
• 3D kartu grafis dengan 512 MB memori atau lebih tinggi
Bagi
kalian yang ingin mengetahui proses pembuatan visualisasi desain simulator Ruang
ABK,disini saya akan memberikan kalian langkah-langkah pembuatan desain badan
simulator Ruang ABK tersebut dengan cepat dan mudah.Berikut ini adalah
langkah-langkah pembuatannya menggunakan software Sketchup,sebagai
berikut:
1. Saat setelah pengukuran dan pencatatan di buku tulis,langkah pertama ialah membuat sebuah persegi panjang dengan ukuran 530 cm x 290 cm (Ukuran ini berdasarkan ukuran simulator asli)
2. setelah itu pembuatan bagian miring pada desain simulator,untuk ukurannya ada pada digambar dibawah ini.
4. Setelah bentuk 2D nya selesai,langkah
berikutnya adalah klik tool push/pull agar desain simulator menjadi bentuk 3D,
5. Kemudian menghapus bagian atas desain
simulator tersebut agar kelihatan bagian dalamnya.
Gambar setelah di erase
6. Selanjutnya adalah menggambar
pintu masuk,untuk ukurannya bisa kalian lihat digambar bawah ini,setelah itu
kita hapus bagian tengahnya agar terlihat sebagai pintu masuk.
7. Kemudian kita klik tool push,setelah itu klik bagian dindingnya setebal 5cm dan juga mengpush bagian lantainya dari ujung depan sampai ujung belakang.
Gambar penebalan dinding dan
lantai bawah
8. Lalu berikutnya membuat sekat dinding dengan ukuran jarak dari dinding pintu depan sejauh 200cm dan lebarnya 100cm,lalu mengpullnya sejajar dengan tinggi dinding simulator.
8. Lalu berikutnya membuat sekat dinding dengan ukuran jarak dari dinding pintu depan sejauh 200cm dan lebarnya 100cm,lalu mengpullnya sejajar dengan tinggi dinding simulator.
9. Selanjutnya adalah pembuatan frame/gading dengan ukuran lebar 5c m dan panjang dari ujung atas sampai bawah simulator kemudian mengpullnya setebal 0,5 cm.
Gambar pembuatan gambar gading
10. Kemudian mengpull ujung atas
frame tersebut setinggi 56 cm,kemudian disusul menggambar garis setebal 0,5 cm
dipermukaan framenya,itu bertujuan untuk membentuk frame yang berbentuk siku
lalu mengpullnya setebal 5 cm.
Gambar pembuatan gading berbentuk siku
11. Lalu kemudian mengcopy nya dengan cara
menekan mengselect/memilih seluruh bagian frame dengan cara mengklik kiri mouse
lalu ditarik dari kanan ke kiri,kemudian setelah terpilih semua tekan key “M”
lalu “Ctrl”.lalu pilih satu sudut untuk penghantar jalan copyannya lalu klik
kiri tarik kekanan lalu ketik 100 agar mendapat jarak 100 cm.
Gambar penduplikatan/pengcopyan gading
12. Lakukan cara tersebut berkali-kali hingga
sampai diujung belakang desain simulator,lalu lakukan hal yang sama seperti No.
9-11 pada sisi lain desain simulator tersebut.
Gambar
gading disisi kanan dan kiri
13. Kemudian untuk pembuatan atap,hanya cukup mengpull bagian belakang desain simulator lalu klik dan tarik hingga permukaan depan simulator,lalu enter.Lali hapus bagian tengah hasil “Pull” tersebut agar bagian pintunya tetap terbuka dan atapnya telah tertutup.Lalu kita pull atap tersebut setebal 5 cm lalu enter.
13. Kemudian untuk pembuatan atap,hanya cukup mengpull bagian belakang desain simulator lalu klik dan tarik hingga permukaan depan simulator,lalu enter.Lali hapus bagian tengah hasil “Pull” tersebut agar bagian pintunya tetap terbuka dan atapnya telah tertutup.Lalu kita pull atap tersebut setebal 5 cm lalu enter.
Gambar pembuatan atap simulator
14. Setelah jadi,langkah
berikutnya adalah pemberian texture/warna.Disini sebagai contoh saya menggunakan
warna hijau,tapi jika kalian ingin warna/texture lain bisa kalian cari sendiri
di opsi Tool lalu pilih Paint Bucket.
Gambar pemberian texture pada
desain
Diatas adalah langkah-langkah
pembuatan badan desain simulator ruang abk,untuk pembuatan ruangan bisa kalian buat
sesuai dengan ide/kreasi kalian sendiri di
software Sketcup 2019.Setelah pembuatan desain simulator abk telah
selesai,berikutnya adalah pembuatan desain masing-ruangan yang ada didalam
sekat,Berikut adalah pembagian sekat ruangan pada desain simulator kapal.
Sekian materi yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini,jika ada salah nya saya minta maaf dan terima kasih :)
Lebih lengkap laginuntuk blog selanjutnya ya kak
BalasHapusterimakasih atas sarannya kak
Hapusbagaimana cara mengcopy gambar pada program sketcUp?
BalasHapusselect bagian yang mau di copy kemudian klik ctrl+C setelah itu klik ctrl+V,pindah kan bagian yang sudah tercopy ke tempat yang di inginkan.
BalasHapus