Rabu, 11 September 2019

Pengetahuan Interior Kapal dan Scene Ruang ABK Kapal


INTERIOR KAPAL


Ø  Pengertian Interior
       Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata 'INTERIOR' , pasti dipikiran kita ketika mendengar kata ' INTERIOR ' langsung membayangkan bentuk ' RUANGAN '. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian kata " INTERIOR " dan pengertian "INTERIOR KAPAL" dan perbedaannya dengan interior pada bangunan , rumah, dan lain-lain.

Kata ‘INTERIOR' memiliki arti bagian dalam gedung , ruangan , bangunan, kapal, pesawat, dan lain sebagainya ; tatanan perabot / furniture yang ada didalam ruangan (hiasan pada ruangan dan sebagainya). Interior juga sering kali diartikan sebagai komponen tambahan/hiasan yang bisa menambah nilai estetika pada ruangan itu sendiri. Interior yang digunakan biasanya berhubungan dengan perabot atau furniture , penataan ruangan dan perabotnya, pemilihan cat / wallpaper yang digunakan pada ruangan , dan lain-lain yang berhubungan dengan bagian dalam ruangan.

Ø  Pendahuluan
Sebagai ilmu teknik perkapalan, mungkin ilmu Interior kapal kurang terkenal di kalangan  masyarakat  bila dibandingkan dengan Jurusan perkapalan yang lain.   bandingkan misal dengan Jurusan permesinan kapal, perencanaan kapal, kelistrikan kapal,pengelasan kapal ,meski secara tuntutan pemanfaatan di bidang pembangunan kapal disiplin ilmu Interior kapal jelas amat di butuhkan.

Ø  Sejarah

Sejarah desain interior berjalan bersamaan dengan pembangunan struktur bangunan. Dalam merancang struktur suatu bangunan dahulu orang sudah merencanakan pula hiasan estetika yang akan mempercantik tampilan struktur bangunan tersebut. Hiasan yang biasa dipergunakan dahulu adalah lukisan dan ukiran, dengan melukis dan mengukir struktur bangunan seperti pada dinding dan pilar maka hiasan ini juga mempercantik tidak hanya untuk eksterior tetapi juga pada bagian interior suatu bangunan yang didirikan.

Dalam perkembangannya desain interior memiliki banyak kaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia. Saat ini dengan tuntutan kebutuhan manusia yang semakin beragam, perancangan interior telah berkembang dengan memanfaatkan teknologi terkini. Dengan memanfaatkan teknologi akan semakin mempermudah segala kegiatan manusia yang berlangsung didalam ruangan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga banyak berpengaruh terhadap perubahan desain interior masa kini yang lebih mengutamakan pada fungsi selain dari segi estetika interior ruang. Keterbatasan ruang tidak lagi menjadi penghalang untuk melakukan berbagai aktivitas didalamnya, bahkan bisa dikembangkan untuk multifungsi pada satu ruang.


Ø  Pembahasan

               Interior pada kapal tentunya sangat berbeda dengan interior yang ada pada ruangan di bangunan.Hal yang berbeda bisa dari bentuk perabotnya, bentuk ruangannya, cara pemasangan perabot pada ruangan, konstruksi dinding, dan lain-lain.Sedikit saya beri penjabaran tentang hal-hal yang berbeda dari Interior Kapal dengan Interior rumah, bangunan, dan lain-lain. 
Salah satu hal yang berbeda adalah , Bentuk Perabot atau Furniturenya. Berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan ketika melakukan kegiatan praktek disekolah untuk mendesain ruangan simulator abk kapal yang dimiliki olek SMKN 3 Buduran, jurusan Interior Kapal. Perabot yang dibuat harus mengikuti bentuk gading/lambung kapal pada SIMULATOR KAPAL tersebut.
               
Contoh Gambar Scene Ruang ABK Kapal:


  •  Cara membuat Scene tampak depan pada simulator ruang ABK kapal 
-klik tool WALK arahkan tepat pada bagian depan simulator kapal secara perlahan setelah tepat pada bagian depan simulator kapal klik ikon(+)untuk add scene,pada gambar scene tampak depan simulator ruang abk kapal di ada jeda waktu 2 detik sebelum pindah ke scene ruang tidur ABK.

                        Gambar Scene Tampak Depan  Ruang ABK kapal



  •   Scene pada ruang tidur ABK 

-setelah dari tampak depan kita menuju pada ruang tidur ABK dengan klik tool WALK kita klik kiri tahan & arahkan pada ruang tidur ABK setelah itu klik tool EYES arahkan kanan/kiri untuk menepatkan posisi camera, setelah sesuai klik tool(+) untuk add scene,pada scene ruang tidur ada jeda waktu 3 detik untuk sebelum pindah ke ruang kerja ABK.
               Gambar Scene ruang tidur  pada ruang ABK (Kavling CE kanan)


  • Scene pada ruang kerja ABK kapal 
-klik tool EYES lalu klik kiri tahan dan gerakkan mouse ke kanan/ke kiri sampai tampak pada ruang kerja ABK kapal, setelah sesuai klik tool(+) untuk Add scene,pada scene ruang tidur ada jeda waktu 3 detik untuk sebelum pindah ke scene ruang ganti ABK.
                 Gambar Scene Ruang Kerja Ruang ABK Kapal (Kavling CE kiri)

  • Scene pada ruang ganti ABK
klik tool walk untuk menuju pada bagian belakang ruang abk kapal,setelah itu klik tool eyes klik kiri tahan dan gerakkan mouse ke kiri/ke kanan untuk menyesuaikan scene ,jika sudah sesuai kita klik icon (+) untuk Add scene.pada scene ruang tidur ada jeda waktu 3 detik untuk sebelum pindah ke ruang tidur ABK bagian belakang
  • Scene pada ruang tidur ABK bagian belakang 
klik tool eyes setelah itu klik kiri tahan dan gerakkan mouse ke kiri/ke kanan untuk pindah Scene pada gambar scene ruang tidur ABK bagian belakang setelah sesuai klik tool (+) untuk add scane 



6 komentar:

  1. Saat saya kemaren menggunakan tool walk,itu langkahnya pelan banget,apa ada cara lain biar langkahnya agar lebih cepet ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mempercepat jalannya tool walk,kita pilih tool walk setelah itu kita klik kiri dan tekan ctrl untuk mempercepat jalannya

      Hapus
  2. jika scene dirasa salah maka bagaimana cara menghapusnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk menghapus scene yang di rasa salah,kita tinggal klik kanan scene yang mau dihapus setelah itu klik delete.

      Hapus
  3. Untuk penjelasan tools bisa ditampilkan gambar toolbarnya, mohon untuk dibetulkan lagi agar mudah dipahami oleh orang yang masih belum paham tentang scene pada aplikasi sketchup:)

    BalasHapus

Apa itu Zen ?

Assalamualaikum Wr Wb Trima kasih teman-teman telah mengunjungi blogger saya  Disini saya akan menjelaskan apa itu ZEN? APAKAH YANG DI...